• FYI

    27 Agustus 2019

    Hobi Menulis? Bergabunglah dengan Komunitas yang Berani Melejitkan Potensi Anggota


    Anak muda zaman sekarang sudah tidak cocok bersantai ria menghabiskan waktu percuma di tempat yang tidak jelas. Nongkrong di jalanan, ngobrol tidak berkualitas, pacaran bahkan tawuran. Zaman sudah semakin maju, butuh kemampuan diri untuk mengimbangi perkembangannya. Orang yang tidak mengasah keterampilan sejak dini, akan tenggelam ditelan kerasnya zaman.

    Ada banyak hal yang bisa dilakukan untuk mengisi masa muda. Oleh karena itu, masa muda yang hanya sekali ini tidaklah layak kita sia-siakan hanya untuk melakukan hal yang tidak berguna. Bukankah masa tua kita terbentuk karena apa yang kita lakukan hari ini? Agar masa tua kita tidak menderita maka isilah masa muda dengan menekuni hobi yang positif.

    Memiliki hobi menulis merupakan salah satu hal yang sangat menyenangkan. Hobi yang satu ini tidak akan pernah ketinggalan zaman seperti layaknya hobi-hobi yang lain.

    Hobi mengoleksi perangko, koleksi barang antik, mengoleksi batu akik, bahkan mengikuti hobi yang hanya trend sesekali itu suatu saat akan terlupakan pada akhirnya. Namun, berbeda dengan menulis. Hobi menulis sangat menguntungkan karena dapat terus menyesuaikan dengan pergerakan dunia.

    Apapun yang terjadi di dunia ini bisa kita tuliskan. Berbagai media yang sekarang tersedia sangat memunginkan untuk setiap orang menyebarkan tulisannya dan dibaca banyak orang. Begitu mudahnya seseorang menjadi terkenal di mata halayak ramai.


    Akan tetapi, sekadar hobi menulis saja tidak cukup. Perlu keterampilan yang mumpuni untuk bisa melahirkan tulisan yang layak dibaca dan memiliki faedah bagi orang banyak.

    Oleh karena itu, bagi kaum muda yang memiliki hobi menulis sudah seharusnya mulai membuka diri untuk menggabungkan dirinya di komunitas penulis. Bergabung dengan kawan-kawan satu kesenangan akan menambah semangat untuk terus mendalami apa yang kita senangi.

    Carilah komunitas yang sesuai dengan keinginan. Penulis pemula disarankan untuk bergabung dengan komunitas yang berisi orang-orang yang mau berbagi dan belajar bersama. Oleh karena itu, walaupun kita sudah semangat bergabung dengan komuntas penulis, berhati-hatilah dalam memilih.

    Kenali terlebih dahulu profil komunitas yang akan kita masuki. Pastikan ketika kita bergabung di sana, kita bisa diterima sebagai pembelajar. Pilih komunitas yang banyak mengadakan kegiatan latihan untuk menjadi penulis, bukan komunitas yang hanya dijadikan tempat menjual karya.

    Salah memilih komunitas hanya akan menjadikan semangat menulis kita menurun, kemampuan tidak terasah, tingkat percaya diri pun merosot akibat terlalu banyak dijejali karya yang harus kita baca. Komunitas penulis yang baik adalah komunitas yang mengajak anggotanya maju bersama dari mana pun titik awal kemampuannya.


    Penulis awam diajarkan agar menjadi tahu cara menulis yang baik, penulis pemula dilatih untuk menjadi produktif, penulis yang sudah mulai produktif diarahkan menjadi penulis yang profesiaonal.

    Komunitas Penulis Kreatif atau yang dikenal sebagai KPKers adalah salah satu komunitas penulis besar di Indonesia. Komunitas yang tersebar di berbagai wilayah kepulauan Indonesia dan beberapa negara di dunia ini, memiliki program kegiatan yang sangat mendukung anggotanya untuk memiliki keterampilan menulis ke arah professional. Mulai dari pelatihan, seminar, sampai yang paling mudah dan praktis diikuti anggota seperti kelas menulis online secara bertahap.

    Masih muda dan memiliki hobi memulis? Segera ambil keputusan! Bergabunglah dengan komunitas Penulis Kreatif yang kamu temukan. Jadilah terkenal dengan karya yang positif. Mari kita guncang dunia dengan pena.

    Salam Kreatif.

    Sumber: Kompasiana
    Penulis: Diantika IE (Ketua Umum KPKers Pusat)

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Cerpen

    Puisi

    Inspirasi