• FYI

    14 November 2019

    Cara Cemerlang Mencari Ide Menulis

    Oleh: J. Haryadi


    Tidak banyak orang yang suka menulis, karena menulis itu katanya susah. Namun faktanya, justru setiap hari banyak orang yang suka menulis. Setidaknya menulis status di media sosial.

    Coba kita amati kolom menulis status di akun Facebook. Kalimat yang muncul saat kita mau menulis adalah,"Apa yang Anda pikirkan?" Ini artinya kita diajak berpikir. Tentu saja bukan asal buah pikiran, tapi pikiran yang inspiratif, kreatif, dan informatif. Bukan asal tulis yang tidak jelas juntrungannya.

    Manusia adalah makhluk yang berpikir. Beda dengan binatang yang melakukan perbuatannya berdasarkan insting. Oleh sebab itu sebelum menulis, pikirkan dulu apa yang hendak kita tulis.

    Menulis merupakan pekerjaan kreatif yang memerlukan kecerdasan. Kreatif artinya mampu menciptakan cara-cara baru yang berbeda dengan orang lain. Jika caranya sama, itu bukan kreatif namanya. Oleh sebab itulah kita dituntut untuk selalu mau berpikir.

    Salah satu cara kita melatih otak untuk berpikir yaitu menulis. Aktivitas ini mampu membuat kita tertantang untuk selalu belajar, karena menulis memerlukan kecerdasan otak dalam mencari, memilah dan memilih topik apa yang pas untuk ditulis.

    Apa yang menjadi acuan Anda ketika akan menulis? Pertanyaan ini sangat penting, karena banyak orang yang bingung ketika akan mengawali tulisannya. Kebanyakan mereka mengatakan,"Mau menulis apa ya?" Padahal banyak sekali yang bisa kita tulis.

    Acuan menulis itu sebenarnya mudah dan sederhana yaitu apakah tulisan yang akan dibuat itu ada "manfaatnya" atau "kegunaannya" buat orang lain? Semakin banyak orang yang bisa mengambil manfaatnya, maka topik itu semakin baik untuk diangkat menjadi sebuah tulisan.

    Kita bisa mengambil contoh topik tulisan tentang cara memasak ikan. Tidak semua orang pandai memasak ikan. Memang, paling mudah memasak ikan ya digoreng atau dibakar. Namun, ikan akan lebih enak jika disayur menggunakan aneka bumbu dengan segala variasinya.

    Nah, kalau kita sudah paham bahwa menulis topik tentang cara memasak ikan akan banyak diperlukan oleh banyak orang, maka tulislah topik tersebut. Pasti tulisan seperti ini bisa menjadi solusi bagi siapa saja yang belum bisa memasak ikan.

    Tentu masih banyak topik lain yang bisa Anda tulis. Cara lain untuk mencari ide menulis adalah menggunakan metoda "problem solving". Coba Anda cari masalah apa yang ada di tengah-tengah masyarakat, lalu buatlah solusi pemecahannya melalui tulisan.

    Contoh sederhana adalah masalah pengangguran. Jika Anda punya pemikiran cara mengatasi pengangguran, buatlah tulisan berupa "opini". Tulisan ini masuk kategori artikel.

    Mau contoh lagi? Misalnya masalah kenakalan remaja. Jika Anda punya ide untuk mengatasinya, buat saja tulisan tentang hal ini. Anda bisa memberinya judul "Tujuh Cara Jitu Mengatasi Perkelahian Antar Pelajar".

    Mencari ide menulis itu ternyata mudah bukan? Semoga Anda terinspirasi dan mampu menulis apa yang ada dalam pikiran Anda.

    Salam pena kreatif!

    ***

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Cerpen

    Puisi

    Inspirasi