• FYI

    19 November 2019

    Kata Penghubung Bukan Jaka Sembung


    Oleh: J. Haryadi


    Seorang penulis yang baik tentu harus terus banyak belajar. Tanpa mau menggali ilmu, bagaimana mungkin kualitas tulisannya bisa meningkat?

    Salah satu ilmu penting yang wajib dipelajari dalam menulis adalah pengetahuan tentang aturan tata bahasa Indonesia, terutama dalam konteks penyusunan kalimat.

    Kali ini kita akan belajar tentang penggunaan kata penghubung atau konjungsi, yaitu kata penghubung sebab akibat antar kalimat. Kata-kata yang biasa dipakai adalah kata "oleh karena itu" dan "oleh sebab itu". Kedua kata ini diletakkan di awal kalimat yang menghubungkan dengan kalimat sebelumnya dengan tujuan untuk menambah kepaduan wacana.

    Kalimat pertama merupakan kalimat pembuka yang merupakan penyebab, sedangkan kalimat kedua atau kalimat yang mengikutinya merupakan akibat dari kalimat sebelumnya. Keduanya harus menyambung dan ada keterkaitannya, sehingga menjadi satu kesatuan yang utuh.

    Contoh:
    1. Bella mendapat nilai buruk saat mengikuti tes CPNS. Oleh karena itu, dia tidak berhasil lolos dalam seleksi.
    2. Hubungan asmara antara Umar dan Jamilah kandas di tengah jalan. Oleh sebab itu, mereka tidak jadi menikah.
    3. Bangunan di pinggir sungai itu liar dan tidak berizin. Oleh karena itu, pemerintah setempat membongkarnya untuk dijadikan taman.

    Perlu juga diperhatikan, setelah kata "oleh karena itu" atau "oleh sebab itu" diikuti dengan tanda koma. Gunanya agar ada jeda saat membaca, sehingga pembaca lebih mudah memahami maknanya.

    Selamat belajar dan semoga bermanfaat.

    Salam pena kreatif.

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Cerpen

    Puisi

    Inspirasi