• FYI

    15 November 2019

    Membedakan Novel dan Novelet


    Oleh: Ikko Williams



    Sebagai penulis atau pembaca, kamu tentu tak asing lagi mendengar yang namanya novel, kan? Buku cerita tebal yang sering kita jumpai di toko buku dan perpustakaan. Biasanya novel di toko buku dan perpustakaan tersedia dalam berbagai genre sesuai minat pembacanya, ada romance, thriller, horror, sejarah, biografi, dan masih banyak lagi. Dikemas dengan cover-cover ciamik dan memukau sehingga kerap dijadikan koleksi oleh bookadict.

    Tapi bagaimana dengan novelet? Pernah dengar? Belum? Atau sudah, tapi tak bisa membedakannya dengan novel?

    Tenang, Sahabat KPKers! Berikut ini aku sajikan ulasan soal perbedaan antara novel dan novelet, simak baik-baik, ya!

    A. Pengertian

    1. Novel

    Menurut pengertiannya, Novel adalah karangan prosa panjang yang mengandung rangkaian cerita kehidupan seseorang dengan orang di sekitarnya dengan menonjolkan watak dan sifat setiap pelaku. Novel berawal dari Yunani, Romawi Klasik, abad pertengahan, awal roman modern, dan tradisi novella. Novella itu sendiri merupakan suatu istilah dalam bahasa Italia untuk menggambarkan cerita singkat dan dijadikan istilah dalam bahasa Inggris saat ini sejak abad ke-18.

    Cinta Dalam Gelas karya Andrea Hirata, Ayat-Ayat Cinta karya Habiburahman El-Shirazy, Perahu Kertas karya Dewi Lestari (Dee), Dia adalah Dilanku Tahun 1990 karya Pidi Baiq adalah sedikit contoh bentuk novel yang terkenal di Indonesia.

    2. Novelet

    Novelet adalah sebuah karya sastra yang menyerupai novel. Novelet memiliki bentuk yang lebih kecil dari novel. Novelet sendiri berasal dari bahasa Italia novella yang artinya dongeng. Novelet memiliki cerita yang lebih panjang dari cerita pendek, tetapi lebih pendek dari novel. Di beberapa bahasa Eropa. Novelet merupakan genre sastra yang umum. Akan tetapi, novelet kurang umum dalam bahasa Inggris. Geoffrey Chaucer adalah orang yang memperkenalkan novelet ke Inggris melalui bukunya yang berjudul The Canterbury Tales.

    Contoh novelet yang terkenal di Indonesia yaitu karya Mira W yang berjudul Sematkan Rinduku di Dadamu. Karya tersebut merupakan kumpulan novelet yang berhasil di tebitkan pada Juli 2017. Buku tersebut berjumlah 272 halaman.

    B. Ciri-ciri

    Untuk membedakan novel dan novelet kita bisa melihat ciri-cirinya. Panjang cerita novel biasanya lebih dari 40.000 – 100.000 kata, bahkan ada yang 250.000 kata. Sedangkan novelet biasanya mempunyai panjang cerita sekitar 17.500 – 40.000 kata saja.

    Jumlah halaman rata-rata Novel adalah 150 - 300 halaman, sedangkan jumlah halaman rata-rata dari novelet sekitar 60 - 150 halaman.

    Selain itu, waktu baca per satu novel kira-kira 2 jam lebih, sedangkan waktu baca per satu novelet kira-kira 1 - 1,5 jam.

    Untuk cerita sendiri, kisah dan adegan yang ditampilkan dalam novel biasanya pelan, perlahan dan bertahap. Sedangkan kisah dan adegan yang ditampilkan dalam novelet biasanya bertempo sedang, bertahap dan sedikit melompat.

    Nah, itulah ulasan tentang perbedaan novel dan novelet. Gimana, Sahabat KPKers? Semoga paham ya. Buat kamu yang ingin menulis novel atau novelet, jangan ragu lagi, ya!

    Salam literasi!

    Ikko Williams

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Cerpen

    Puisi

    Inspirasi