• FYI

    04 Maret 2020

    Konosa Cihampelas Peduli Lingkungan


    Oleh: H. Yuda Suhada, S.Pd., M.Pd.

    Bagi sebagian masyarakat Kabupaten Bandung Barat (KBB), mungkin istilah Konosa masih asing kedengarannya. Ya, pendapat itu benar karena Konosa itu memang belum banyak dipublikasikan kegiatannya.

    Konosa adalah singkatan dari Komunitas Nol Sampah (zero waste community) atau lebih lengkapnya adalah Konosa Cihampelas. Komunitas ini merupakan kumpulan ibu-ibu yang lahir dari Majelis Ta'lim Al-Husna yang didirikan oleh pendiri TBM Citapen Berkah, H. Yuda Suhada, S.Pd., M.Pd., pada 2016.

    Pendirian Konosa bermula dari sebuah gagasan pendirinya atas kepeduliannya terhadap lingkungan, yaitu sampah. Limbah ini selalu dihasilkan oleh manusia baik individu maupun keluarga/masyarakat.

    Akhir akhir ini sampah dituding sebagai pemicu masalah, misalnya Banjir. Sampah yang dibuang oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, terutama di saluran air dan daerah seputar bantaran kali akan menyebabkan terjadinya penumpukan sehingga terjadi penyumbatan. Selain merusak pemandangan, menimbulkan bau tidak sedap, juga memicu terjadinya banjir.

    Tujuan mendirikan Konosa tiada lain sebagai upaya kecil melalui untuk memberikan edukasi kepada masyarakat tentang pengelolaan sampah yang baik agar tercipta kebersihan lingkungan dan bernilai ekonomi, sehingga menjadi manfaat untuk kehidupan manusia.

    Kegiatan Konosa membuat combring

    Benarkah sampah bisa bermanfaat? Ternyata kalau kita pandai mengelolanya, misalnya dengan memilah dan memilih kembali sampah rumah tangga, hasilnya sangat bermanfaat. Sampah tersebut masih bisa difungsikan kembali melalui ide-ide kreatif dan tangan-tangan terampil. Contohnya: mendaur ulang kertas bekas, memakai kembali plastik yang tidak terpakai, memanfaatkan sampah organik untuk bahan kompos, dan lain-lain. Melalui edukasi yang benar, sampah bisa diubah menjadi lebih bermanfaat, baik untuk lingkungan maupun sosial.

    Apa saja kegiatan Konosa? Belum banyak yang dilakukan. Namun, kegiatan saat ini yang sudah berjalan adalah mengelar pertemuan secara rutin. Pertemuan itu bisa berupa diskusi atau pelatihan keterampilan, seperti menganyam bungkus plastik, membuat makanan cemilan tradisional, berkebun, melakukan studi banding dan lain-lain.

    Melalui kegiatan-kegiatan tersebut diharapkan masyarakat khususnya anggota Konosa mampu mengatasi permasalahan sampah di rumah masing masing. Bahkan, bisa bernilai ekonomis yang dapat membantu menambah income keluarga.

    Kunjungan saat pembuatan combring

    Dimanakah Konosa Cihampelas berada? Komunitas ini berdomisi di Jalan Babakan Tarogong, Desa Citapen, Kecamatan Cihampelas, KBB. Sekretariatnya masih menyatu dengan TBM Citapen Berkah dan Majelis Ta'lim Alhusna. Bagi siapa saja yang berminat ingin tahu kegiatan Konosa atau ingin mengundang sebagai narasumber bisa menghubungi nomor: 0817-420-933. Kami siap membagikan ilmu dan pengalaman Konosa kepada desa-desa yang lain.

    Pada Minggu, 01 Maret 2020 kemarin, bertempat di rumah Ibu Heni (Ketua Majelis Ta'lim Alhusna), telah dilaksanakan kegiatan membuat combring (combro kering). Semoga combring ini menjadi makanan cemilan yang enak, gurih, dan lezat, serta bisa dijadikan oleh-oleh bagi siapa saja yang berkunjung ke Desa Citapen.

    ***

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Cerpen

    Puisi

    Inspirasi