• FYI

    17 Maret 2020

    Sisi Lain Makna Gelap dalam Kehidupan


    Oleh: Jehaka Barajati

    Gelap adalah takdir. Tanpa ada kegelapan, kita tak akan mengenal terang. Bahkan, kata itu mungkin saja tak ada dalam sejarah kehidupan.

    Saat kita berada dalam kegelapan, semuanya tampak hitam. Apa yang ada seperti tiada. Milik kita pun seakan-akan menghilang tanpa makna.

    Tidak semua yang ada dalam kegelapan itu seram dan menakutkan. Contohnya makhluk hidup yang ada di dasar lautan. Banyak juga yang berbentuk indah dan menawan. Bahkan kerap dijadikan hiasan di rumah para jutawan.

    Gelap tidak berarti buruk. Hitam tidak berarti identik dengan kejahatan, meskipun kita mengenal istilah "dunia hitam" yang bermakna lingkungan kehidupan yang bertentangan dengan norma hukum yang berlaku.

    Kalau kita takut dengan kegelapan, bukan berarti di dalamnya selalu penuh dengan hantu dan hal-hal yang menyeramkan. Buktinya tanpa penerangan, justru kita bisa tidur nyenyak, meskipun ada juga orang yang merasa tak nyaman.

    Coba pejamkan mata Anda sesaat. Apa yang dirasakan? Tiba-tiba suasana berubah menjadi gelap. Cuma bayangan hitam dan kekosongan yang bisa kita lihat. Semua seolah-olah tampak sama. Hening. Tak ada bentuk, warna, dan pola. Alam seakan diam membisu.

    Mari kita jadikan gelap sebagai sesuatu yang wajar. Tanpa gelap, tak ada terang. Tanpa salah, tak ada benar. Tanpa jahat, tak ada baik. Itulah kehidupan yang penuh warna. Semuanya perlu kita syukuri sebagai bagian dari takdir dan kebesaran Ilahi.


    ***

    Tidak ada komentar:

    Posting Komentar

    Cerpen

    Puisi

    Inspirasi